Strategi Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan menjadi tujuan favorit siswa untuk melanjutkan pendidikan. Keunggulan seperti prospek kerja yang menjanjikan serta biaya sekolah yang sangat minimal menjadi magnet utama peminat sekolah kedinasan. Apakah kamu/teman/saudara kamu berencana mendaftar sekolah kedinasan? Yuk simak strategi lolos sekolah kedinasan berikut ini!

Sekolah kedinasan menjadi tujuan favorit siswa untuk melanjutkan pendidikan. Keunggulan seperti prospek kerja yang menjanjikan serta biaya sekolah yang sangat minimal menjadi magnet utama peminat sekolah kedinasan. Apakah kamu/teman/saudara kamu berencana mendaftar sekolah kedinasan? Yuk simak strategi lolos sekolah kedinasan berikut ini!

-

Seleksi sekolah kedinasan berbeda dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Jenis tes yang diujikan yaitu tes SKD yang juga merupakan jenis tes yang diujikan untuk seleksi CPNS. Tes SKD memuat materi yang tidak sepenuhnya dipelajari di SMA/K/MA, tetapi terdiri dari materi yang juga berasal dari materi SMP. Sehingga belajar materi SMA saja tidak akan cukup untuk dapat skor yang tinggi. Sehingga untuk mempersiapkannya diperlukan strategi khusus. Berikut ini adalah strategi lolos seleksi sekolah kedinasan:

small

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah kedinasan

Terdapat sekolah kedinasan di Indonesia. Sesuaikan dengan jurusan kamu saat ini, serta bidang yang kamu minati. Jangan sampai setelah kamu menentukan sekolah kedinasan yang kamu inginkan ternyata jurusan sekolahmu tidak memenuhi syarat. Jika salah satu tidak memenuhi maka cari yang lain yang sekiranya dapat kamu penuhi. Jadi jangan berputus asa terhadap salah satu sekolah dinas saja ya!

Pelajari materi ujian dengan teliti

Ada banyak sumber belajar sekarang ini. Salah satunya di web smartcpns.id yang juga membagi materi SKD. Selain di internet kamu juga bisa belajar dengan buku cetak terbaru yang banyak di jual di toko buku maupun e-comerce. 

Perbaiki dan rencanakan jadwal belajar yang teratur

Belajar materi yang banyak dalam waktu singkat tentu hasilnya cenderung akan gagal. Alangkah lebih baik jika dari jauh hari kamu merencanakan belajar dengan jadwal yang teratur. 

Lakukan latihan soal dan simulasi ujian

Latihan soal akan membantu meningkatkan keterampilan dalam mengerjakan soal. Terutama soal matematis tentu membutuhkan latihan berhitung yang sering agar cepat dan tepat dalam mengerjakannya. 

Mengikuti bimbel Smartgenius program kedinasan

Jika kamu kesulitan untuk latihan mengerjakan soal sendirian, maka mengikuti bimbel adalah hal yang cukup penting untuk kamu lakukan. Dengan adanya bimbel akan membantumu memecahkan soal dari tutor yang berpengalaman dan lebih tahu tentang update mengenai tipe dan soal yang akan keluar. Selain itu kamu juga akan mendapatkan bimbingan materi yang lengkap

Istirahat cukup

Mungkin kamu selama ini lebih banyak melakukan kegiatan yang menyenangkan sesaat tetapi sebenarnya kurang bermanfaat untuk masa depan kamu. Alih-alih menghabiskan waktu untuk kegiatan seperti itu lebih baik gunakan waktumu untuk beristirahat agar tubuh tidak kelelahan dan selalu bugar. 

Fokus

Fokus lah pada perkembangan diri sendiri jangan membandingkan dengan teman yang lain. Kita tidak tahu yang sebenarnya dilakukan teman lain selama 24 jam. Jangan meremehkan mereka atau terlalu iri dengan orang lain yang mungkin mendapat kan dukungan yang lebih. Motivasi dalam diri adalah yang utama. 

Latihan fisik dan wawancara

Beberapa sekolah kedinasan menambahkan tes kesehatan dan kebugaran serta wawancara dalam seleksinya. Cari tahu apa saja yang dinilai dalam tes tersbeut, dan lakukan latihan rutin jika perlu. Dalam hal wawancara, mungkin kamu bisa fokus melatihnya setelah lolos tes tertulis.

Itulah strategi agar lolos seleksi sekolah kedinasan. Lakukan strategi tersebut dari jauh-jauh hari agar tidak terasa berat. Yuk persiapkan diri untuk seleksi Kedinasan bersama smartcpns.id. Semoga bermanfaat.


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan