Pengertian Nasionalisme

Nasionalisme secara harfiah berasal dari bahasa inggris. Nation berarti bangsa dan kata isme yang berarti paham atau aliran.

Nasionalisme secara harfiah berasal dari bahasa inggris. Nation berarti bangsa dan kata isme yang berarti paham atau aliran.

-

Pengertian Nasionalisme

 

Nasionalisme berdasarkan KBBI adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Kesadaran Keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa.

Menurut Hara, nasionalisme mencakup konteks yang lebih luas yaitu persamaan keanggotaan dan kewarganegaraan dari semua kelompok etnis dan budaya di dalam suatu bangsa. Hara menilai nasionalisme sebagai bentuk perjuangan melawan ketidakadilan di dalam negara baik dari ancaman luat ataupun dari dalam negara itu sendiri.

Nasionalisme menurut pandangan Prasodjo, menilai bahwa pembelajaran serta pembangunan nasionalisme di Negara Indonesia mengalami emulasi atau pembajakan yang terjadi pad amasa orde baru, karenanya solidaritas emosional berbangsa menjadi semakin sulit terbentuk.

Sedangkan menurut Smith, nasionalisme merupakan sebuah pergerakan ideologi dalam mencapai pemerintahan sendiri dan kemerdekaan bagi suatu golongan atau sebagaian kelompoknya yang mendeklarasikan diri mereka sebagai bangsa yang sebenarnya, atau bakal bangsa seperti bangsa-bangsa lain di mana nasionalisme itu sendiri lahir  dari hasil pemikiran dalam diri untuk mencapai suatu tujuan bangsa dan melakukan semua kepentingan berdasarkan suatu kelompok untuk diakui dan dianggap sebagai warga negara yang mengabdi dan membela negara mempunyai keyakinan penuh bahwa kita hidup berdampingan satu sama lain dalam satu atap kewarganegaraan dengan beragam kebudayaan yang berbeda, saling menghargai dan menjadi satu kesatuan untuk selalu setia membela negara dalam keadaan baik atau buruknya.

Baca materi lain yuk di smartcpns.id, GRATIS!

 

Sumber : 
Khalimatussa'diyah, S. (2022). Paket Paten Kisi-Kisi Resmi Terkini CPNS PPPK 2022-2023. Yogyakarta: Arruz Media
Faiz, P. A. (2022). Privat Al Faiz Sukses SKD CPNS 2023. Jakarta: PT KAWAHmedia


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan