Materi TIU Kemampuan Numerik Perbandingan

Tes kemampuan numerik adalah salah satu bagian pada tes SKD yang soal-soalnya merupakan soal matematika dasar. Salah satu materinya adalah materi perbandingan. Yuk simak penjelasan selengkapnya materi perbandingan di bawah ini!

Tes kemampuan numerik adalah salah satu bagian pada tes SKD yang soal-soalnya merupakan soal matematika dasar. Salah satu materinya adalah materi perbandingan. Yuk simak penjelasan selengkapnya materi perbandingan di bawah ini!

-

Masih ingatkah kamu tentang materi perbandingan? Materi ini sudah kita pelajari di jenjang SD dan SMP loh. Coba ingat lagi apakah kamu masih ingat soal menghitung tinggi tiang bendera dengan cara membandingkan panjang bayangan tiang bendera dengan panjang bayangan seseorang. Yups itu adalah salah satu soal penerapan konsep perbangingan. Tapi masih banyak lagi soal cerita yang menggunakan konsep perbandingan ini. Mari kita mulai dengan perbandingan senilai!

 

PERBANDINGAN SENILAI

Perbandingan senilai disebut juga perbandingan lurus antara dua variabel misal A dan B dikali atau dibagi dengan bilangan yang sama maka besar perbandingannya tetap. Artinya jika yang satu angkanya semakin besar maka variabel yang lain juga semakin besar. 

Salah satu contoh yang terlihat jelas ialah perbandingan antara banyak nya pekerja di suatu rumah produksi dengan hasil produksinya. Jika pekerja semakin banyak maka hasil produk yang dihasilkan juga semakin banyak

Perbandingan lurus dapat disimpulkan dengan rumus berikut:

small

 

PERBANDINGAN TERBALIK (BERBALIK NILAI)

Perbandingan berbalik nilai atau biasa disebut juga perbandingan terbalik antara dua variabel. Jika variabel yang satu angkanya semakin besar maka justru sebaliknya variabel yang lain angkanya semakin kecil.

Salah satu contoh yang terliht jelas adalah perbandingan antara banyak pekerja di suatu proyek besar dengan waktu pengerjaan. Jika pekerja semakin banyak maka waktu pengerjaan akan semakin singkat (angkanya semakin kecil). 

Perbandingan terbalik dapat dirumuskan sebagai berikut:

small

 

PERBANDINGAN KOMBINASI

Perbandingan kombinasi adalah perbandingan yang mencakup perbandingan senilai dan berbalik nilai seklaigus. Artinya minimal terdapat tiga variabel. Misalkan ketiga variabel adalah a, b, dan c. Maka variabel a berbanding lurus dengan variabel b tetapi seklaigus variabel b berbanding terbalik dengan variabel c.

small

 

CONTOH SOAL PERBANDINGAN SENILAI

Terdapat pakan 24 kg yang dapat dihabiskan oleh 60 itik dalam 1 hari. Jika ditambahkan itik sebanyak 20 ekor, berapakah pakan yang harus ditambah dalam 1 hari?

small

Pembahasan:

small

 

CONTOH SOAL PERBANDINGAN BERBALIK NILAI

Suatu pembangunan rumah dapat diselesaikan selama 24 hari oleh 18 pekerja. Jika proyek pembangunan ingin dipercepat menjadi 16 hari, banyak pekerja yang harus ditambahkan adalah …

small

Pembahasan:

small

 

CONTOH SOAL PERBANDINGAN KOMBINASI

Suatu perjalanan menggunakan kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam membutuhkan waktu 4 jam dan bensin 6 liter. Dengan kendaraan yang sama jika melaju dengan kecepatan 45 km/jam dalam waktu 2 jam maka bensin yang dibutuhkan adalah … liter

small

Pembahasan:

small

 

Itulah penjelasan mengenai perbandingan. Yang merupakan salah satu materi yang meuncul di dalam tes SKD CPNS maupun SKD Kedinasan. Yuk persiapkan diri untuk seleksi CPNS dan Kedinasan bersama smartcpns.id. Semoga bermanfaat.


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan