Materi TIU Analogi Verbal

Biasanya tes verbal yang sering kita jumpai adalah sinonim dan antonim, namun pada tes SKD CPNS terbaru tes verbal yang ada adalah analogi. Simak penjelasan lengkap analogi verbal pada tes SKD CPNS di bawah ini!

Biasanya tes verbal yang sering kita jumpai adalah sinonim dan antonim, namun pada tes SKD CPNS terbaru tes verbal yang ada adalah analogi. Simak penjelasan lengkap analogi verbal pada tes SKD CPNS di bawah ini!

-

    Analogi artinya persamaan atau persesuaian hubungan antara dua hal yang berlainan. Verbal artinya kata-kata atau kumpulan kata. Dapat diartikan analogi verbal merupakan kesesuaian hubungan antar kata dengan kelompok kata lain. Misalkan Kaki : berjalan mempunyai hubungan yaitu fungsi maka sesuai dengan kata mata : melihat. Analogi verbal juga merupakan proses bernalar logis yang menggunakan kata-kata untuk memecahkan suatu masalah. Fungsi dari soal analogi verbal adalah untuk menilai tingkat ketepatan dan kecepatan peserta tes dalam mengidentifikasi makna atau fungsi dari suatu kata

small

    Cara mengerjakan tes analogi kata yaitu pertama cobalah membangun huungan yang tepat antara dua/tiga kata yang diberikan. Terkadang lebih dari satu pilihan seolah merupakan jawaban, maka bandingkanlah hubungan keduanya dan pastikan mana yang lebih spesifik kesesuaiannya. Ingat bahwa satu kata tunggal terkadang memiliki banyak makna, maka coba lah pikirkan setiap perbedaan makna. Jangan pernah langsung memilih satu jawaban sudah dibaca tanpa membaca semua pilihan jawaban. 

Beberapa hubungan kata yang sering muncul dalam tes TIU SKD CPNS adalah: 

  1. Sifat benda (kata benda : kata sifat)
  2. Sifat kegiatan (kata kerja : kata sifat)
  3. Definisi istilah (Istilah : penjelasan)
  4. Fungsi benda (kata benda : fungsi)
  5. Sebab-akibat (sebab : akibat)
  6. Jenis benda (benda : jenis benda)
  7. Ukuran lebih besar atau kecil (benda dengan ukuran besar : benda sama dengan ukuran yang lebih kecil)
  8. Susunan (benda yang disusun : benda yang menyusun)
  9. Urutan (contoh huruf ketiga : huruf ke empat = hari pertama : hari keempat) 
  10. Hubungan lain-lain (negara : mata uang, negara : ibu kota, Tokoh : asal negara dsb)

Contoh analogi verbal

  1. ANONIM : TANPA NAMA = apatis : tak peduli
  2. LAUT : SAMUDRA = benua : pulau
  3. EMAS : TAMBANG = bensin : bahan bakar fosil 
  4. AUSTRIA : WINA = Italia : Roma
  5. FILM : OSCAR = bulu tangkis : piala Sudirman
  6. PENULIS : KOMPUTER = koki : kompor
  7. ES : DINGIN = gula : manis
  8. IKAN : INSANG : AIR = manusia : paru-paru : darat
  9. BERUDU : KATAK MUDA = larva : kepompong
  10. HUJAN : BANJIR = gempa : tsunami 

Itulah penjelasan lengkap tentang tes analogi verbal yang ada di dalam tes SKD bagian TIU seleksi CPNS tahun 2023. Persiapkan diri menjelang seleksi CPNS sedini mungkin bersama smartspns.id. Semoga bermanfaat. 


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan