Materi SKD-TIU Peluang

Masih ingatkah kamu tentang materi peluang yang tentunya telah dipelajari semasa SMP dan SMA? Peluang juga muncul pada soal SKD hlo, yuk kita simak materi selengkapnya!

Masih ingatkah kamu tentang materi peluang yang tentunya telah dipelajari semasa SMP dan SMA? Peluang juga muncul pada soal SKD hlo, yuk kita simak materi selengkapnya!

-

Pengertian Peluang

Peluang adalah konsep yang digunakan menyatakan kemungkinan suatu kejadian. Peluang berhubungan erat dengan penentuan banyak titik sampel, ruang sampel dan kejadian. 

Rumus peluang suatu kejadian 

small

Penjelasan:

Ruang sampel adalah himpunan dari semua yang mungkin pada sebuah percobaan. Contoh ruang sampel dari sebuah dadu yang di lempar = { 1, 2, 3, 4, 5, 6} , karena mata dadu ada 6. 

Banyak titik sampel adalah  banyak anggota-anggota dari ruang sampel. Simbol dari banyaknya titik sampel yaitu n(S)

Kejadian adalah himpunan bagian dari ruang sampel. 

 

Contoh soal :

Dua buah koin dilemparkan bersama, tentukan peluang munculnya keduanya gambar!

Penyelesaian:

Ruang sampel dua koin = {AA, AG, GA, GG}

n(S) = 4

A = kejadian muncul keduanya gambar = {GG} 

n(A) = 1

maka peluang kejadian tersebut adalah

small

Macam-macam Soal Peluang pada Paket Soal SKD-TIU

Soal Peluang dengan Menggunakan Permutasi

Permutasi adalah banyak cara penyusunan beberapa unsur dari sejumlah unsur yang disediakan dengan memperhatikan urutan. Misal unsur yang diambil sebanyak r dari n unsur yang tersedia, maka rumusnya: 

small

Untuk pengambilan n unsur dari  n unsur juga maka cukup dengan rumus berikut:

small

Contoh soal: 

Tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan duduk dalam barisan kursi. Peluang dua anak selalu duduk berdampingan adalah … 

 

Pembahasan:

small

Soal Peluang dengan Menggunakan Kombinasi

Kombinasi adalah banyak cara penyusunan beberapa unsur dari sejumlah unsur yang disediakan tanpa memperhatikan urutan. Misal unsur yang diambil sebanyak r dari n unsur yang tersedia, maka rumusnya:

small

Contoh soal: 

Sebuah kantong berisi 6 bola merah dan 9 bola putih. Jika diambil dua bola sekaligus, maka peluang terambil dua bola merah semua adalah … 

Pembahasan:

small

Soal Peluang Kejadian Majemuk

Dua Kejadian Saling Bebas

Kejadian saling bebas artinya satu kejadian tidak mempengaruhi kejadian yang lain. Rumus peluang dua kejadian saling bepas adalah:

small

Contoh soal

Sebuah dadu dan sekeping uang logam dilemparkan sekali bersama-sama di atas meja. Peluang munculnya mata dadu lima dan angka pada uang logam adalah…

Pembahasan:

Sebuah dadu dilempar, maka:

S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} → n(S) = 6

A = {5} → n(A) = 1

Sekeping uang logam dilempar, maka:

S = {Angka, Gambar} → n(S) = 2

B = {angka} → n(B) = 1

Sehingga peluang munculmata dadu lima dan sisi angka adalah 

small

Dua Kejadian Saling Lepas

Kejadian saling lepas merupakan dua kejadian yang masih dalam satu semesta tetapi tidak beririsan. Rumus peluang dua kejadian saling lepas adalah: 

small

Contoh soal: 

Sebuah kantong berisi 4 bola merah, 3 bola putih, dan 3 bola hitam. Diambil sebuah bola secara acak, peluang terambil bola merah atau hitam adalah….

Pembahasan:

Banyak bola merah = 4, putih = 3, hitam = 3

Banyak seluruh bola = 4+3+3 = 10

Diambil sebuah bola secara acak

A = terambil bola merah

B = terambil bola hitam

Peluang terambil bola merah atau hitam adalah:

small

Itulah penjelasan mengenai peluang khususnya yang pernah muncul di paket soal SKD-TIU Kedinasan maupun CPNS. Yuk persiapkan diri untuk seleksi CPNS dan Kedinasan bersama smartcpns.id. Semoga bermanfaat.


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan