Jenis Ideologi dan Pengertiannya

Setiap negara memiliki ideologi yang dianut negaranya. Ideologi dipandang sebagai pembentuk identitas suatu bangsa dan negara.

Setiap negara memiliki ideologi yang dianut negaranya. Ideologi dipandang sebagai pembentuk identitas suatu bangsa dan negara.

-

Arti ideologi dalam KBBI adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Fungsi ideologi adalah untuk pemersatu bangsa sebagai pembentuk arah, tujuan, dan cara mencapai suatu cita-cita bangsa. Berikut ini adalah jenis-jenis ideologi yang ada di dunia dan penjelasannya

 

Liberalisme 

Liberalisme merupakan paham yang mengutamakan kebebasan individu sebagai pangkal kebahagiaan hidup.

 

Sosialisme 

Sosialisme merupakan suatu paham yang menghendaki segala sesuatu itu harus diatur bersama dan hasilnya pun harus bersama-sama pula.

 

Kapitalisme 

Kapitalisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Adam Smith adalah tokoh ekonomi kapitalis dan memandang bahwa ada sebuah kekuatan tersembunyi yang akan mengatur pasar (invisible hand), maka pasar harus memiliki laissez-faire atau kebebasan dari intervensi pemerintah. 

 

Fasisme 

Fasisme merupakan sebuah paham politik yang mengagungkan kekuasaan absolut tanpa demokrasi. Dalam paham ini, nasionalisme yang sangat fanatik dan juga otoriter sangat kentara.

 

Feminisme

Feminisme adalah gerakan sosial, politik, dan ekonomi. Feminisme adalah sebuah ideologi tentang mengubah cara orang melihat hak laki-laki dan perempuan (terutama perempuan), dan mengkampanyekan kesetaraan gender. 

 

Pancasila

Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, mempunyai kekuatan mengikat secara hukum, sehingga semua peraturan hukum/ketatanegaraan yang bertentangan dengan Pancasila harus dicabut. Perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dalam bentuk peraturan perundang-undangan bersifat imperative (mengikat) bagi penyelenggara negara, lembaga kenegaraan, lembaga kemasyarakatan, warga negara Indonesia di manapun berada, dan penduduk di seluruh wilayah Indonesia.

 

Itulah singkat materi dari jenis-jenis ideologi dan pengertiannya. Untuk mendapatkan materi menarik lainnya, yuk gabung ke smartcpns.id! Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Sumber:

Hasibuan, A. S., dan Sulistyono, D. 2018. Peranan Ideologi dalam Integrasi Nasional. Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 1(1), hal 1-10. 

https://kbbi.web.id/ideologi (diakses pada 19 Juni 2024 pukul 16.15)


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan