Informasi Lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

Bagi kamu suka pelajaran Akuntansi dan Ekonomi kamu cocok nih jadi mahasiswa PKN STAN. Berikut syarat dan jadwal pendaftaran, fasilitas, info kost, serta jurusan yang terdapat di PKN STAN

Bagi kamu suka pelajaran Akuntansi dan Ekonomi kamu cocok nih jadi mahasiswa PKN STAN. Berikut syarat dan jadwal pendaftaran, fasilitas, info kost, serta jurusan yang terdapat di PKN STAN

-

Sejarah PKN STAN

Pada awalnya, STAN merupakan salah satu Pusdiklat yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK). Gedung pertama STAN terletak di Jalan Purnawarman, Bintaro. Pada tahun 1988, STAN memiliki gedung baru yang diberi nama Kampus Ali Wardhana. Nama Ali Wardhana diambil sebagai penghargaan terhadap Menteri Keuangan Indonesia yang menjabat di tahun 1968 hingga 1983.

Pada tanggal 15 Juli 2015, melalui instruksi Kementrian Keuangan, STAN berganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN atau disingkat PKN STAN. Hingga saat ini, PKN STAN menyediakan program studi jenjang Diploma sampai Doktoral.

Jurusan di PKN STAN

Mulai tahun 2021, PKN-STAN memiliki 3 jurusan untuk mahasiswa baru, yaitu sebagai berikut:

1. D4 Akuntansi Sektor Publik

Program studi ini mempelajari cara menyusun dan menganalisis laporan keuangan, audit internal dan eksternal, analisis transaksi keuangan dan sistem informasi, serta merumuskan kebijakan di bidang akuntansi.

2. D4 Manajemen Aset Publik

Program studi ini mempelajari cara menganalisis keuangan dan investasi, tata laksana keuangan satuan kerja, merumuskan kebijakan keuangan publik, serta tata kelola perpajakan dan kepabeanan.Terdapat 2 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Manajemen Treasury Negara dan Manajemen Penerimaan Negara.

3. D4 Manajemen Keuangan Negara

Program studi ini mempelajari cara mengelola aset, menganalisis kekayaan negara dan kelayakan bisnis, menilai bisnis dan properti, mengelola piutang dan pengadaan, serta tata laksana kegiatan lelang.Terdapat 2 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Konsentrasi Manajemen & Perencanaan Strategis serta Penilaian Bisnis & Properti.

Jenjang studi D4 ini setara dengan Sarjana Terapan. Jadi, saat lulus kamu akan memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan Akuntansi (S.Tr.Ak.).

Jadwal dan Syarat Pendaftaran Masuk PKN STAN

Tidak seperti kampus lain, PKN STAN hanya memiliki satu jalur pendaftaran setiap tahun. Berikut syarat dan tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN:

Persyaratan Umum SPMB PKN STAN:

  1. Belum menikah, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba.
  2. Berusia sekurang-kurangnya 15 tahun dan maksimal 21 tahun.
  3. Memiliki rata-rata nilai rapor dan ijazah tidak kurang dari 70.00.
  4. Belum pernah diterima dan menjadi mahasiswa PKN-STAN sebelumnya.
  5. Lulusan SMA/SMK/MA dari semua jurusan di tahun yang sama atau satu tahun sebelumnya.
  6. Mengikuti UTBK di tahun yang sama dengan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.
  7. Membayar biaya pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah

Persyaratan Khusus Jalur Afirmasi SPMB PKN STAN:

  1. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
  2. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:
  3. Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
  4. Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
  5. Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Untuk jadwal pendataran dimulai setiap bulan April melalui situs https://dikdin.bkn.go.id 

Materi Seleksi SPMB PKN STAN

Layaknya seleksi masuk perguruan tinggi lainnya, PKN STAN juga mewajibkan calon mahasiswanya untuk mengikuti serangkaian seleksi berupa SKD, TKK dan Psikotes.

1. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKD terdiri dari:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan jumlah soal sebanyak 30 butir dan skor minimum 65.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan jumlah soal sebanyak 35 butir dan skor minimum 80.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan jumlah soal sebanyak 45 butir dan skor minimum 156.

2. TKK dan Psikotes

Peserta yang dinyatakan lolos SKD akan mengikuti seleksi lanjutan di lokasi yang sudah ditentukan yang terdiri dari:

  • Tes Kesehatan, yaitu pemeriksaan tinggi dan berat badan, mata, tekanan darah, atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
  • Tes Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle runpull up/chinning, push up, sit up atau aktivitas fisik lain yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
  • Psikotes dan Wawancara. Di tahap ini, peserta akan mengerjakan soal psikotes kemudian setelah lolos akan lanjut ke wawancara. Pada wawancara jawablah pertanyaan dengan singkat, jelas, dan ramah. Jika ragu, kamu bisa berlatih terlebih dahulu agar tidak gugup di hari seleksi.

Lulusan PKN STAN Langsung Jadi PNS?

Bener nggak sih kalau alumni PKN STAN punya peluang lebih besar untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil? Jawabannya, benar setiap lulusan D4 STAN diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi dan kebutuhan yang tersedia pada tahun tersebut.

Fasilitas di PKN STAN

Penasaran nggak berapa luas kampus ini? Yup, 22 hektar! Pastinya luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari Perpustakaan, Laboratorium, Mini Office, Poliklinik, Sarana Olahraga, Ruang Kegiatan Mahasiswa, Ruang Pelatihan Bahasa Asing, Kantin, Area Parkir, dan ATM. Kalau bosan belajar di kelas, mahasiswa bisa memanfaatkan gazebo dan belajar di ruang terbuka hijau dengan kapasitas 500 orang.

Lokasi dan Akses Kampus PKN STAN

Pertanyaan yang paling banyak orang ingin tahu jawabannya adalah, gimana caranya agar aku bisa sampai ke kampus STAN ini? Nah, kita punya nih jawaban dari pertanyaan kamu. Berikut alamat dan akses ke PKN STAN.

Alamat STAN:

Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. 15222.

Akomodasi di Sekitar Kampus STAN:

Kost daerah Ceger, Sarmili, Pondok Jaya, Kali Mongso, PJMI (Perumahan Jurangmangu Indah), Ciputat

Transportasi di Sekitar Kampus STAN:

  • Stasiun Jurangmangu
  • Stasiun Pondok Ranji
  • Stasiun Rawabuntu
  • Stasiun Palmerah

Yuk, persiapkan diri kamu dengan bimbel persiapan masuk sekolah kedinasan di Smartcpns.id. Belajarnya super intensif dengan Tentor terbaik, ada simulasi tryout, konsultasi jurusan, dan masih banyak lagi. Ayo semangaaattt!

Referensi:

  • https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5550701/daftar-sekolah-kedinasan-pkn-stan-2021-ini-3-prodi-baru-dan-kuotanya
  • https://id.quora.com/Bagaimana-rasanya-berkuliah-di-STAN
  • https://id.wikipedia.org/

tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan