Informasi Lengkap Politeknik Siber dan Sandi Negara

Terdapat banyak sekolah kedinasan di Indonesia. Salah satu nya yaitu Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN). Untuk kamu yang suka berkutat di dunia internet, dan ingin mempelajarinya hingga berkarir dibidang tersebut maka kamu cocok untuk masuk ke Poltek SSN. Yuk simak info selengkapnya mengenai Poltek SSN!

Terdapat banyak sekolah kedinasan di Indonesia. Salah satu nya yaitu Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN). Untuk kamu yang suka berkutat di dunia internet, dan ingin mempelajarinya hingga berkarir dibidang tersebut maka kamu cocok untuk masuk ke Poltek SSN. Yuk simak info selengkapnya mengenai Poltek SSN!

-

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Poltek SSN merupakan sekolah dengan ikatan dinas sehingga lulusannya di persiapkan untuk menjadi CPNS di lingkungan BSSN atau instansi pemerintah lainnya. Lokasinya di kabupaten Bogor tepatnya di Jl Raya H. Usa, Putat Nutug Kecamatan Ciseeng.

small

Program Studi di Poltek SSN

Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK)

Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) melakukan pengembangan ilmu spesifik yang berkaitan dengan Embedded System Computer Engineering, Cyber Phisical System, dan Cryptographic Hardware Engineering. Kemampuan yang akan di dapat yaitu merancang hardware yang aman, mengembangkan perangkat keras kripto, menganalisa potensi ancaman di bidang siber, mengamankan infrastruktur kritis nasional dan menyelenggarakan insiden respon nasional, menerapkan teknologi dalam membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dan sabagainya.

Prodi Rekayasa Keamanan Siber

Mempelajari tentang keamanan informasi dan intelijen secara umum serta melatih kemampuan membuat rekayasa kemanan jaringan komputer dan informasi, keamanan informasi, keamanan siber dan mengoperasikan perangkat jaringan yang meliputi sistem operasi, perangkat lunak dan perangkat keras.

Prodi Rekayasa Kriptografi 

Prodi rekayasa kriptografi memiliki dua bidang minat yaitu 1) rekayasa sistem kriptografi dan 2) rekayasa perangkat lunak kriptografi. Secara keseluruhan prodi ini mempelajari tentang kriptografi. Kriptografi merupakan ilmu yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan dan keaslian sebuah informasi. Visi dari prodi ini yaitu menjadi program studi di bidang rekayasa kriptografi yang berkualitas dan menghasilkan aparatur persandian negara yang unggul, serta berkontribusi dalam keamanan nasional pada 2025.

 

Prospek Kerja Lulusan Poltek SSN

Lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan BSSN atau instansi lainnya dengan kehalian berikut:

Perekayasa Kriptografi

Praktisi Keamanan Informasi 

Analisis Keamanan Informasi

Perekayasan Keamanan Jaringan

Penguji Penetrasi Web dan Jaringan

Perekayasa Keamanan Perangkat Keras

Perekayasa Keamanan Perangkat Lunak

 

Sistem pendidikan Poltek SSN

Poltek SSN memiliki sistem pendidikan dari aspek akademik dan pengasuhan. Artinya selain akademik yang di ajarkan yaitu aspek pengasuhan melalui kegiatan pengasuhan di asrama. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan setiap semester dengan menrepakan Drop Out (DO) bagi taruna yang tidak memenuhi batas nilai hasil pembelajaran. Beban studi yang harus diselesaikan adalah 144 SKS dalam 8 semester. 

 

Fasilitas Akademik dan Penunjang

Siapa bilang di Poltek SSN hanya boleh belajar dan berlatih tentang siber saja, ada juga unit kegiatan mahasiswa yang di luar bidang siber. Lihat saja fasilitas akademik dan penunjang berikut ini:

Akademik: ruang kelas, perpustakaan, lab elektro, lab bahasa, lab komputer, lab sandi, workshop perangkat keras, lab kajian rekayasa sistem kriptografi, workshop rekayasa perangkat lunak kriptografi, dan lab siber.

Penunjang: asrama, ruang makan, poliklinik, auditorium, tempat ibadah, lapangan olahraga, lapangan apel, track lari, ruang fitnes, kolam renang, dan ruang band. 

 

Persyaratan Umum Seleksi Penerimaan Taruna 

small
small
small

Tahapan Seleksi

small

Itulah informasi lengkap Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN). Yuk persiapkan diri untuk seleksi Kedinasan bersama smartcpns.id. Semoga bermanfaat.


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan