Ciri-ciri Nasionalisme

Nasionalisme memilii ikatan emosional antarsesama warga negaranya seperti anggota keluarganya serta semua pengorbanan untuk melindungi keluarganya maka keterkaitan tersebut seperti antara suku dan klan.

Nasionalisme memilii ikatan emosional antarsesama warga negaranya seperti anggota keluarganya serta semua pengorbanan untuk melindungi keluarganya maka keterkaitan tersebut seperti antara suku dan klan.

-

Ciri-ciri Nasionalisme

 

Karena nasionalisme satu sama lain saling melindungi kepentingan dan hak satu sama lain. Berikut ciri-ciri dari nasionalisme, di antaranya:

1. Menempatkan kepentingan individu dan kelompok di bawah kepentingan bangsa.

2. Menempatkan pekerjaan untuk kepentingan bangsa.

3. Tujuan bersosial politik untuk kepentingan bangsa.

4. Selalu memperkuat kemakmuran bangsa.

5. Taat dan patuh terhadap kebijakan dan hukum negara.

6. Merawat dan menjaga bangsa.

7. Mempertahankan keunggulan dan kemakmuran bangsa.

 

Menurut Notonegoro, seorang ahli filsafat dan hukum, nasionalisme dalam konteks Pancasila bersifat “majemuk tunggal” (bhinneka tunggal ika), semnagat nasionalisme juga terbentuk berdasarkan unsur berikut:

  1. Kesatuan sejarah, yaitu kesatuan yang dibentuk dalam perjalanan sejarah yang panjang dengan begitu secara terbuka nasionalisme mulai dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
  2. Memiliki persamaan nasib yang sama, bangsa Indonesia terbentuk karena memiliki persamaan nasib.
  3. Mempunyai kesatuan dalam berbudaya, walaupun bangsa Indonesia memiliki keragaman kebudayaan dan menganut agama yang berbeda, namun kesluruhannya merupakan satu kebudayaan.
  4. Berdasarkan kesatuan wilayah sama, di mana dalam mencari penghidupan berdasarkan wilayah yang sama.
  5. Bangsa yang memiliki kesamaan cita-cita, berdasarkan pandangan hidup masyarakat Indonesia di masa lalu ataupun masa kini.

    Masih banyak materi yang bisa kamu dapatkan di smartcpns.id, yuk gabung!
     

Sumber : Faiz, P. A. (2022). Privat Al Faiz Sukses SKD CPNS 2023. Jakarta: PT KAWAHmedia


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan