CPNS Jalur Umum

CPNS Jalur Umum adalah tes seleksi untuk menjadi pegawai negara yang mana peserta seleksi dari lulusan SMA hingga perguruan tinggi dengan maksimal usia 35 tahun, berikut penjelasan detalinya!

CPNS Jalur Umum adalah tes seleksi untuk menjadi pegawai negara yang mana peserta seleksi dari lulusan SMA hingga perguruan tinggi dengan maksimal usia 35 tahun, berikut penjelasan detalinya!

-

CPNS Jalur Umum berbeda dengan CPNS Kedinasan, untuk kedinasan hanya lulusan SMA dan maksimal usia 20 - 21 tahun. Pada tes CPNS Jalur Umum para peserta akan terlebih dahulu menghadapi Tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar), kemudian Seleksi Kemampuan Bidang yaitu SKB dan atau wawancara. 

Tes Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 65 untuk TWK, dan 126 untuk TKP.

Tes CPNS sudah menggunakan sistem komputer atau yang lebih dikenal sebagai CAT. Dengan adanya sistem ini, pemerintah menjamin tidak adanya kecurangan dan memudahkan setiap peserta tes. Dengan sistem ini, banyak keuntungan yang didapat diantaranya lebih kompetitif, adil, obyektif transparan dan bebas dari KKN.

Pada tahun 2023, BKN (Badan Kepegawaian Negara) berencana akan membuka kembali pendaftaran CPNS dimulai sekitar bulan September. Oleh karena itu, ayo kita siapkan belajar dari sekarang dengan latihan soal dan sebagainya. Latihan soal tes CPNS dapat kamu lakukan dengan membeli paket premium aplikasi SMARTCPNS yang tersedia di Play Store dan Huawei appgallery. Kamu juga bisa mencoba simulasi tes CPNS online di smartcpns.id secara gratis, lho!

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan. Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar kamu tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.

 

Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga kamu lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang kamu inginkan, ya, sobat SMART!


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan